Wednesday, June 22, 2016

Pasar dalam perekonomian: Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian

Pasar adalah suatu interaksi antara pembeli(konsumen) dengan penjual (produsen).
Dalam ilmu ekonomi yang disebut dengan pasar adalah bertemunya permintaan dan penawaran suatu barang/jasa yang diperjualbelikan.
Pasar mempunyai fungsi :
  1. Sebagai pembentukan harga barang/jasa
  2. Sebagai pendistribusian barang/jasa
  3. Sebagai tempat promosi
Macam-macam Pasar :
  1. Pasar input yaitu pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi. (dibahas pada topik 19 dan 20)
  2. Pasar Output yaitu pasar yang memperjualbelikan hasil produksi (barang/jasa).
Pasar output menurut bentuknya dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :
a. Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition)
b. Pasar Persaingan tidak Sempurna

Pasar persaingan Sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen (penjual) dan Jumlah konsumen (pembeli) sangat banyak dan hampir tiodak terbatas.

Berikut ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
  1. Terdapat banyak pembeli dan penjual
  2. Barang/jasa yang diperjualbelikan sifatnya homogen (tidak ada perbedaan)
  3. Baik penjual maupun pembeli bebas keluar-masuk pasar
  4. Penjual dan pembeli mengetahui benar kondisi pasar secara sempurna
  5. Tidak ada campur tangan dari pemerintah
Kelebihan pasar persaingan sempurna :
  1. Tidak tampak kegiatan yang saling menyaingi antarpenjual
  2. Penjual tidak mungkin melakukan kegiatan dengan tujuan merebut/menguasai pasar
  3. Barang yang ditawarkan akan laku berapapun jumlahnya tanpa harus menurunkan harga
  4. Tidak mungkin mengubah struktur pasar utnuk merebut pangsa pasar, karena sifat barang yang sama persis (homogen)
  5. Konsumen diuntungkan karena harga sama di semua penjual, sehingga tidak perlu malakukan tawar-menawar.
  6. Setiap perusahaan mendapatkan laba maksimum pada jumlah tertentu dengan biaya produksi paling rendah. Yaitu Marginal Revenue = Marginal Cost
  7. Pemanfaatan alokasi faktor-faktor produksi lebih efisien, karena produk maksimal diusahakan sama dengan Average Cost yang paling rendah
  8. Penjual bebas memilih jenis dan jumlah produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pembeli
  9. Pembeli bebas memilih jenis barang yang diinginkan sesuai kebutuhan dan kemampuannya.
Kelemahan pasar persaingan sempurna :
  1. Pasar persaingan sempurna semakin sulit dijumpai
  2. Sejalan dengan kemajuan iptek, jenis dan kualitas barang semakin bervariasi
  3. Dapat menimbulkan black market (pasar gelap)
  4. Efisiensi yang dilakukan perusahaan akan berdampak rendahnya upah tenaga kerja
  5. Produsen akan memilih memproduksi barang yang menghasilkan keuntungan besar
  6. Kurang mendorong temuan teknologi baru dalam menghasilkan produk baru.

0 komentar:

 

Copyright © ILMU KAULA Design by O Pregador | Powered by Blogger