Friday, July 29, 2016

Larutan Elektrolit dan Nonelekrolit

Beberapa zat jika dilarutkan dalam air atau zat itu berupa larutan, memiliki kemampuan menghantarkan arus listrik yang berbeda. Larutan yang mampu menghantarkan arus listrik disebut sebagai larutan elektrolit. Jumlah arus listrik yang dapat dihantarkan bergantung pada jumlah ion yang ada didalam larutan. Beberapa zat dapat terionisasi sempurna (100%) ketika dilarutkan dalam air, maka larutan tersebut tergolong elektrolit kuat.
Contoh :

 Adapula zat yang terionisasi kurang sempurna (< 100%) dengan kata lain sebagian zat dalam larutan terionisasi dan sebagian lain tidak mengion. larutan semacam ini tergolong elektrolit lemah. Adapula zat yang ketika dilarutkan dalam air tidak menghasilkan ion. Dengan tidak adanya ion dalam larutan, maka larutan tak mampu menghantarkan arus listrik. larutan semacam ini disebut sebagai larutan nonelektrolit.
Contoh :


dilaboratorium uji, serangkaian alat dapat disusun dengan menggunakan Indikator nyala lampu. mari perhatikan gambar rangkaian alat berikut :


Pada gambar diatas terlihat serangkaian percobaan untuk mengukur daya hantar arus listrik larutan. Indikator yang digunakan dalam percobaan diatas adalah indikator nyala lampu dan jumlah gelembung gas yang dihasilkan dalam larutan. Bila kita urutkan dari sebelah kiri, gambar pertama menunjukkan tidak ada ion dalam larutan yang ada adalah molekul molekul netral, ini menunjukkan larutan tergolong nonelektrolit terlihat dengan tidak adanya nyala lampu dan gelembung gas. Gambar ditengah terlihat ada sedikit ion, dan adapula molekul netral ini menunjukkan bahwa sebagian zat mengion dalam larutan tersebut, sementara sebagian lagi tidak mengion. Indikator lampu menyala dengan redup dan jumlah gelembung gas yang dihasilkan sedikit. Maka larutan kedua ini tergolong elektrolit lemah. Gambar terakhir menunjukkan bahwa larutan ini adalah larutan elektrolit kuat, kita melihat bahwa disana terdapat banyak ion dan kita tidak menjumpai molekul netral. Indikator lampu pun terlihat menyala dengan terang dan banyak dihasilkan gelembung gas dalam larutannya.  

berikut ini adalah contoh beberapa zat yang diklasifikasikan sesuai dengan daya hantar arus listrik larutannya :


0 komentar:

 

Copyright © ILMU KAULA Design by O Pregador | Powered by Blogger